PT Realta Chakradarma (RCD) dan sister company-nya PT Bisnis Sistem Indonesia (PTBSI) kembali mengadakan annual national conference. National Conference (NC) 2016 yang digelar dari tanggal 14-16 Januari 2016 ini bertempat di Royal Safari Garden, Cisarua – Bogor. Sebanyak kurang lebih 250 karyawan dari berbagai business unit RCD dan PTBSI menjadi saksi hidup beragam acara dan sesi yang dibingkai dalam suasana rekreatif. Didukung oleh fasilitas Royal Safari Garden Resort & Convention, acara yang berlangsung tiga hari dua malam ini menciptakan momen kebersamaan di antara para Realtan (sebutan bagi para karyawan RCD dan PTBSI).
All 2016’s Realtans
Peace of Mind through ICT One Solution
Tema NC 2016 menggaungkan kembali core purpose Realta, yakni “Peace of Mind through ICT One Solution”. Hal ini disampaikan langsung oleh President Direktur Realta Bapak Hidayat Tjokrodjojo dalam sambutan pembukanya.
“Why does what we do matter? And what difference are we making in the world? Karena kita ingin memberikan ketenteraman batin bagi siapapun yang menggunakan produk ICT One Solution dari Realta. Jika kita memberikan peace of mind kepada customer, kita pun akan merasakan peace of mind juga”, jelasnya.
Ibu Inkawati T dan Bapak Agustino Djayaputera, masing-masing Finance Director dan System Development Director, turut hadir memberikan penjelasan tambahan. Keduanya menguraikan bagaimana caranya memberikan peace of mind kepada para pelanggan yang menggunakan ICT One Solution dari Realta, yakni delivering the Right Info to the Right Person in the Right Time.
Lebih lanjut, dengan mengikuti metodologi Gazelles secara lebih lengkap, keduanya menyegarkan kembali ingatan para Realtan perihal core ideologies Realta, yakni core values, core purpose, core competences dan core customers.
Dengan menjunjung tinggi core values Realta yakni ITHACA (Integrity, Teamwork, Holistic, Achievement, Creativity and Advancement) yang sekaligus menjadi budaya perusahaan, para Realtan diajak untuk bersinergi memberikan Peace of Mind through ICT One Solution kepada core customers yaitu para pelanggan yang percaya bahwa ICT merupakan kunci sukses mereka dan memahami tantangan apa saja yang muncul dalam menerapkan solusi ICT yang tepat (those who believes that ICT is the key success and Understand the challenges of proper ICT solution). Dalam praktek kerja sehari-hari, para pelanggan akan semakin mengenal dan mengakui core competences Realta yang unggul dalam hal Ability to analyze & design, Project Management dan Methodology.
“Jika semua para Realtan bersinergi menerapkan keempat hal ini, maka 95% Customer Satisfaction and 95% On Time Implementation akan menjadi brand promise yang nyata dan diakui oleh para pelanggan kita”, sebut Pak Agustino.
Reducing Execution Gap to Achieve Goals
Sesi seminar difasilitasi oleh Bapak Satyo Fatwan, Managing Partner PT Dunamis Indonesia. Beliau memberi masukan berharga kepada para Realtan secara singkat namun padat. Fasilitator senior yang pernah mengalami 14 tahun bekerja di IBM Indonesia ini memberi banyak masukan berharga dengan gaya animatif kepada para Realtan seputar tantangan dan kesempatan di dunia ICT.
Kiri-kanan: Ibu Inkawati T, Pak Hidayat Tjokrodjojo, Pak Satyo Fatwan
Misalnya, ketika menyinggung execution gap yang seringkali menjadi bottleneck bagi para perusahaan untuk mencapai target, Pak Satyo mengajak para Realtan untuk menuliskan sebuah surat berisi permohonan untuk penjelasan lebih tentang berbagai hal kepada para direksi. Alhasil, puluhan surat yang pun ditulis dan diserahkan. Diharapkan ini menjadi contoh inisiatif untuk terus-menerus mereduksi execution gap. Prospek ke depannya, semua Realtan mulai dari jajaran direksi hingga karyawan memiliki pemahaman yang sama atas target yang ingin dituju.
Extravaganza
Selain seminar, NC 2016 juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Ada outdoor games yang difasilitasi oleh tim People Power Management. Riuh rendah dan semangat para Realtan tampak jelas ketika para fasilitator mengajak para peserta berkeringat melakukan stretching, berlomba yel-yel dan melatih kekompakan tim dalam problem solving.
Santap bersama yang dimeriahkan dengan penampilan dari masing-masing divisi membuat Gala Dinner dalam balutan dekoratif Magic Night tampak istimewa. Ajang adu kreatifitas para Realtan di malam itu memperlihatkan bahwa para Realtan berhasil menterjemahkan creativity yang menjadi salah satu core value Realta. Value lain, yakni teamwork, juga terlihat dari totalitas kinerja para Realtan yang berhasil menunjukkan penampilan terbaik mereka. Alhasil, apresiasi dari pihak direksi dan manajemen mengalir deras malam itu.
Adu kreatif tidak hanya berlangsung antar divisi (S-Pro-Best) tetapi juga untuk kategori perseorangan dan kelompok. Terlihat bagaimana seluruh Realtan terlibat secara aktif dalam perhelatan ini.
Tentu tidak ketinggalan Breakout Session Meeting di masing-masing divisi guna melihat kilas balik kinerja dan merumuskan perencanaan dan strategi ke depan. Tentunya, masih dalam kaitan dengan tujuan memberikan peace of mind kepada para pelanggan Realta sekaligus mencapai BHAG yang sudah ditetapkan.
Seluruh kegiatan berlangsung dengan lancar berkat persiapan matang dari panitia jauh-jauh hari sebelumnya.
Di akhir acara, Bapak Ansori Abdullah, selaku President NC 2016, menutup acara NC 2016 dengan mengapresiasi kembali pencapaian yang sudah telah diraih oleh Realta sejauh ini. “Dengan jumlah karyawan kurang lebih sebanyak 250-an dan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yakni Jakarta, Semarang, Bandung, Bali dan Surabaya, kini Realta merupakan adalah salah satu perusahaan IT terbesar di Indonesia. Ini tampak jelas dalam NC kali ini, “ kata Ansori.
Sponsors
Seluruh rangkaian acara National Conference 2016 terselenggara berkat dukungan para sponsor. Ada sponsor dari hotel-hotel, yakni All Seasons, Grand Angkasa International, Ibis, Ibis Budget, Ibis Styles, Novotel, Harris, Whiz Prime, Mercure, The Hills, Marbella Suites, ION Hotel dan Villa Ombak. Tidak ketinggalan juga sponsor dari perusahaan-perusahaan IT, yakni Act Technology, Hewlett Packard Indonesia, Astrindo Starvision, Astrindo Senayasa, Avnet Datamation Solutions, Avnet Datamation Solutions, Biznet Gio Nusantara, Blue Bird Group, Data Global Komukatama, Diamondindo Mitra Lestari, Gigantika Pratama Prima, Globalindo Data Solusi, Graha Cipta Solusindo, Indocom Niaga, Metrolink Kompudata, Microsoft Indonesia, Netcom Technology, PT. Nalindo Surya Digital, Sistech Kharisma, Starsys Billing System, dan Zies Tekno Indonesia.
Pada masa pandemi COVID-19 ada banyak peraturan yang harus dipatuhi agar memutus rantai ...
Kamu mungkin tahu ada 12 hewan zodiak Tiongkok (Shio) yang digunakan untuk mewakili tahun Babi di ...
PT Realta Chakradarma featured as TOP 50 Most Promising Microsoft Solution Provider 2016 - CIO ...